Hidrasi kunci pulihkan flu dengan cepat

Hidrasi kunci pulihkan flu dengan cepat

Updated: 05 Dec 2016 | Written By: Pocari Sweat

Di musim hujan seperti sekarang ini, beragam penyakit rentan menyerang, dari mulai demam, flu, diare hingga demam berdarah.  Dan salah satu penyakit yang sering muncul saat musim hujan adalah influenza atau flu. Data di Indonesia menunjukkan bahwa flu terjadi sepanjang tahun, namun meningkat selama musim hujan dan puncaknya terjadi di bulan Desember sampai Januari.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa virus flu mudah sekali menyebar saat musim hujan. Ada beberapa alasan, di antaranya karena virus ini lebih bisa bertahan di udara bebas pada keadaan hujan dan lembap dan kurangnya sinar matahari selama musim hujan yang bisa membunuh virus, juga memperpanjang masa hidup virus. Selain itu saat musim hujan biasanya orang lebih senang berada di dalam ruangan dibanding keluar, sehingga penyebarannya dari satu orang ke yang lainnya menjadi lebih cepat.

Penyebab utama dari flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, yaitu hidung, tenggorokan dan paru-paru.  Anda bisa mendapatkan virus influenza melalui udara ketika seseorang yang sedang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara. Anda dapat menghirup, atau pun mendapatkannnya saat sedang bersentuhan dengan barang-barang seperti telepon atau keyboard komputer. Virus itu biasanya disalurkan ke mata, hidung atau mulut.

Tanda-tanda umum dari gejala flu adalah demam lebih dari 38?C, sakit otot terutama pada lengan punggung dan kaki, menggigil dan berkeringat, sakit kepala, batuk kering, kelelahan dan hidung tersumbat.

Meski tidak termasuk dalam kategori penyakit serius  namun mengalami flu tetap saja tidak menyenangkan dan membuat Anda jadi tidak produktif dan menghambat aktivitas sehari-hari.  Penyakit flu termasuk dalam self-limiting disease, artinya dapat sembuh dengan sendirinya oleh daya tahan tubuh kita, umumnya dalam waktu 2-7 hari. Obat-obatan yang umum kita konsumsi selama flu seperti penghilang demam, obat batuk atau pilek berfungsi untuk mengobati gejalanya, dan bukan penyebab dari penyakit flu itu sendiri.

Karena bisa sembuh dengan sendirinya, maka yang perlu Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan flu adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Salah satu musuh dalam pemulihan penyakit flu adalah dehidrasi. Ketika sedang flu, tubuh rentan mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh keluarnya cairan tubuh yaitu air dan ION melalui demam, keringat atau ingus. Ketika dehidrasi, daya tahan tubuh juga berkurang sehingga memperlambat proses penyembuhan.

Saat dehidrasi sebenarnya tubuh memproduksi zat bernama histamin yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebenarnya histamin ini berperan juga dalam menjaga kekebalan tubuh. Sayangnya, ketika dehidrasi, histamin ini “lebih sibuk” mengatur kadar cairan dalam tubuh daripada menjaga kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh tidak bekerja secara optimal.  

Bagi Anda yang menderita flu atau baru saja mengalami gejala  flu, selalu  pastikan mengkonsumsi kebutuhan cairan harian Anda yang tidak hanya mengandung air tetapi juga ION dan komposisinya mirip cairan tubuh seperti Pocari Sweat.  ION juga membuat cairan dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga rehidrasi lebih optimal. Jadi jangan sepelekan dehidrasi, karena dengan hidrasi yang tepat dan bantu pulihkan flu dengan cepat.