Tips Olahraga Agar Kesehatan Terjaga Selama Pandemi

Tips Olahraga Agar Kesehatan Terjaga Selama Pandemi

Updated: 03 Jul 2020 | Written By: Pocari Sweat

COVID-19 menyebabkan munculnya kebiasaan baru pada setiap individu, termasuk kebiasaan berolahraga. Pola hidup sehat yang terbiasa kita jalani, harus beradaptasi dengan pola baru. 

Kebiasaan untuk melakukan olahraga di mana saja, kini harus sesuai protokol kesehatan. Tak boleh lagi sembarangan. Tapi bukan berarti menghalangi kita untuk selalu bergerak aktif. Yang diperlukan hanyalah adaptasi terhadap kenormalan baru. 

Walau sekarang aktivitas sudah kembali berangsur perlahan seperti biasa, berolahraga di rumah masih menjadi sebuah pilihan yang paling baik. Tetapi bila kamu ingin berolahraga di luar ruangan, selalu perhatikan keamanan dan kebersihan.

Menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting di situasi saat ini, agar terhindar dari virus penyakit.  Di bawah ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga selama pandemi :

1. Minimal olahraga 150 menit per minggu

Menurut WHO (World Health Organization), disarankan untuk berolahraga sebanyak 150 menit per minggu. Itu berarti setidaknya setiap hari dianjurkan untuk rutin olahraga selama 30 menit.

Selama pandemi ini kamu bisa tetap menjaga frekuensi olahraga yang berguna untuk membantu menjaga imunitas tubuh.

 

2. Jaga Jarak

 

Jika kamu memilih untuk melakukan outdoor exercise seperti lari atau bersepeda, perhatikan selalu protokol kesehatan. Tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 5-6 meter, ketika sedang berlari di luar rumah.

 

3. Lokasi

Menentukan lokasi saat ingin berolahraga di luar ruangan adalah hal penting. Pilihlah lokasi yang relatif sepi dan cukup luas untuk menjaga jarak dengan orang lain. Pilih waktu yang tepat seperti pagi hari, untuk menghindari keramaian dan berolahraga dengan aman.

 

4. Masker

 

Selalu tetap sediakan masker, gunakan saat melewati keramaian atau berpapasan dengan orang lain. Masker bisa dibuka saat kamu benar-benar berada sendiri dan tidak ada orang lain.  Pastikan bahwa lokasi aman bila ingin membuka masker.

Saat melakukan outdoor exercise yang perlu diperhatikan adalah lakukan olahraga dengan intensitas rendah ketika harus memakai masker. Turunkan intensitas, bukan maskernya bila berada di keramaian dan buka saat kondisi aman.

 

5. Istirahat cukup 7-9 jam per hari

Olahraga juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Dianjurkan untuk tidur 7-9 jam tidur setiap harinya.  Istirahat cukup adalah salah satu kunci menjaga daya tahan tubuh. Selain istirahat, menjaga cairan tubuh juga hal penting. Cairan tubuh yang hilang bisa dikembalikan dengan cepat oleh Pocari Sweat. Minumlah  Pocari Sweat sebelum dan sesudah berolahraga.

 

6. Jika sakit berlanjut hubungi dokter

 

Bila kondisi kamu kurang baik sedang sakit atau demam hindari untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga terlebih dahulu. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.