Ketahui Beberapa Tips Hadapi Demam di Rumah

Ketahui Beberapa Tips Hadapi Demam di Rumah

Updated: 03 Feb 2021 | Written By: Pocari Sweat

*content in partnership with Halodoc

Demam adalah kondisi peningkatan sementara suhu tubuh, dan sering kali disebabkan oleh penyakit. Demam juga bisa menjadi tanda bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi di tubuh. seperti misalnya adanya infeksi virus atau bakteri.

Orang dewasa mungkin akan merasakan suhu gejala yang tidak nyaman saat demam terjadi, tetapi ini tak perlu dikhawatirkan. Namun, jika suhu sudah mencapai lebih dari 39,4 derajat Celsius, kondisi ini tak boleh disepelekan. Sementara pada bayi, kenaikan suhu yang tinggi bisa membahayakan mereka dan dapat mengindikasikan infeksi yang serius.

Kamu tidak perlu khawatir karena biasanya demam akan hilang dalam beberapa hari. Ada banyak obat penurun demam yang bisa kamu pilih untuk mengatasinya. Demam juga memainkan peran kunci dalam membantu tubuh melawan sejumlah infeksi berbahaya.

Pengobatan untuk Mengatasi Demam

 

Untuk demam ringan, dokter mungkin tidak merekomendasikan pengobatan untuk menurunkan suhu tubuh. Pasalnya, demam ringan ini bahkan dapat membantu menghambat laju perkembangan virus dan bakteripenyebab penyakit. Namun, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan jika demam tergolong tinggi, yaitu:

  1. Minum Obat yang Dijual Bebas

 

Dalam kasus demam tinggi, atau demam rendah yang menyebabkan ketidaknyamanan, dokter mungkin merekomendasikan obat bebas, seperti acetaminophen atau ibuprofen.

Pastikan gunakan obat-obatan ini sesuai dengan petunjuk label atau seperti yang direkomendasikan oleh dokter.

Namun, berhati-hatilah dan jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Penggunaan asetaminofen atau ibuprofen dosis tinggi atau jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati atau ginjal, dan overdosis akut yang dapat berakibat fatal. Jika demam anak tetap tinggi setelah diberikan obat, jangan berikan lebih banyak obat. Hubungi dokter untuk mendapatkan solusi lebih lanjut. Selain itu, jangan berikan aspirin kepada anak-anak, karena dapat memicu kelainan langka yang berpotensi fatal yaitu sindrom Reye.

  1. Minum Obat Resep

 

Tergantung pada penyebab demam, dokter mungkin memberikan resep dengan  antibiotik, terutama jika ia mencurigai adanya infeksi bakteri, seperti pneumonia atau radang tenggorokan. Antibiotik tidak mengobati infeksi virus, tetapi ada beberapa obat antivirus yang digunakan untuk mengobati infeksi virus tertentu. Yang perlu diperhatikan adalah asupan antibiotik yang tidak benar bisa menyebabkan kebalnya bakteri atau virus terhadap respon antibiotik. Sehingga, tata laksana terbaik untuk sebagian besar penyakit ringan yang disebabkan oleh virus sering kali adalah istirahat dan minum banyak cairan.

  1. Perawatan untuk Bayi

 

Untuk bayi, terutama yang berusia kurang dari 28 hari, ia mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk diagnosis dan perawatan. Pada bayi semuda ini sangat rentan mengalami demam. Banyak penelitian menunjukkan bahwa demam yang dialami bayi sering dikaitkan karena kondisi dehidrasi. Namun, apabila terdapat indikasi serius seperti adanya infeksi, maka memerlukan cairan intravena (IV) atau biasa disebut cairan infus dengan pemantauan sepanjang waktu.

Ada juga beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantumu merasa lebih nyaman saat alami demam, caranya antara lain:

  • Beristirahat. Kamu perlu banyak istirahat untuk pulih, sebab aktivitas dapat meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya jangan biarkan anak aktif bergerak terlebih dahulu, seperti pergi ke sekolah, meskipun demamnya belum terlalu tinggi. Orang dewasa juga sebaiknya tidak beraktivitas ke kantor hingga demam benar-benar sudah hilang.

  • Tetap Tenang. Kenakan pakaian tipis, jaga suhu ruangan tetap dingin dan tidurlah hanya dengan seprai atau selimut tipis.

  • Minum Banyak Cairan. Demam dapat menyebabkan kehilangan cairan, ion, dan dehidrasi. Jadi menjaga asupan cairan yang cukup merupakan kunci yang penting agar terhindar dari dehidrasi. Kamu pun bisa minum Pocari Sweat yang dapat membantu menggantikan cairan dan ion yang hilang bersama keringat saat demam. Kandungan ION dalam Pocari Sweat juga dibutuhkan tubuh dan cepat diserap oleh tubuh, sehingga sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko dehidrasi.




Referensi:

 

American Academy of Pediatrics.Diakses pada 2021. Fever.

 

American College of Emergency Physicians. Diakses pada 2021. Fever. Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Fever.