Satu Hari Menjelang Marathon, Ini yang Harus Kamu Lakukan.

by Super-Admin • 3 August • 2 min read


Updated: 27 Oct 2017 | Written By: Pocari Sweat

Lari marathon merupakan olahraga yang sangat menantang karena perlombaan ini memiliki rute yang cukup panjang, 42,195KM, untuk ditempuh. Oleh karena itu penting bagi pelari untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum lomba khususnya satu hari sebelum mengikuti pertandingan tersebut. Pasalnya, meski terkesan sederhana, marathon sendiri menuntut seluruh energi tubuh untuk bekerja keras, mulai dari tendon, ligamen, tulang, kesehatan jantung dan paru, bahkan stamina dan mental seorang pelari.

Kunci sukses melakukan lari marathon adalah dengan konsisten berlatih secara bertahap setiap minggu untuk membuat tubuh beradaptasi dengan aktivitas berlari dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini bertujuan untuk memberi tubuh cukup waktu membangun stamina secara bertahap dan sekaligus memperhitungkan waktu dari pemulihan kemungkinan cedera. Komitmen dan persiapan ini pun harus tetap dilakukan bahkan hingga satu hari sebelum pertandingan. Apa saja persiapan yang dapat dilakukan sehari sebelum race day?

1. Jaga Stamina

Cedera menjadi hal yang umum bagi pelari marathon. Oleh karenanya, tak boleh menyepelekan kebugaran tubuh sebelum beraktivitas dan memastikan memiliki stamina yang maksimal untuk pertandingan esok hari. Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup diperlukan tubuh hingga pemenuhan kebutuhan cairan untuk pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan baik.

2. Mengatur Pola Makan

Penting untuk memerhatikan carbo-loading dalam tubuh demi terciptanya energi dan performa terbaik yang dibutuhkan dalam tubuh. Pemilihan makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah serat setidaknya enam jam sebelum mulai berlari mampu memberikan tubuh kamu waktu untuk mencerna makanan hingga selesai serta mengurangi risiko permasalahan perut saat berlari. Hingga satu jam sebelum pertandingan, konsumsi makanan yang mengandung 50 gram karbohidrat, banyak kandungan air, karbohidrat baik, zat besi, vitamin C, dan lemak baik. Pemenuhan dan pemilihan cairan yang dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah latihan pun sangat penting untuk diperhatikan. Untuk hidrasi yang lebih optimal, kamu dapat mengkonsumsi minuman elektrolit seperti POCARI SWEAT yang mampu mengembalikan cairan dan ion-ion tubuh yang hilang bersama keringat.

3. Lakukan Peregangan Ringan

Sehari sebelum pertandingan, ada baiknya untuk menyimpan energi lebih banyak dengan tidak melakukan latihan yang teralu berat pada tubuh. Peregangan bisa jadi alternatif latihan yang bagus untuk membantu memelihara kesehatan tubuh, tapi pastikan untuk melakukan peregangan hanya setelah jalan santai atau lari ringan. Hindari peregangan setelah sesi latihan lari yang berat karena ototmu masih stress dan kelelahan dari berlari keras.

4. Istrirahat Yang Cukup

Memastikan kualitas tidur malam yang cukup, sangat penting menjelang marathon. Setidaknya tidur 8 jam di malam hari agar tubuh mendapatkan staminanya secara optimal. Tidur cukup juga dapat bantu kamu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membangun dan memperbaiki otot, dan menajamkan fokus mental demi performa yang lebih kuat pada hari-H marathon.

5. Pastikan Peralatan Lari Anda Sudah Siap

Jangan lupa untuk memeriksa semua peralatan yang akan kamu gunakan esok hari, mulai dari sepatu, kaos kaki, dan pakaian. Semua yang akan digunakan esok harus dipastikan dalam keadaan baik sehingga tak akan menggangu ruang gerak kamu selama pertandingan.

Pocari News